15 October 2011

Hemofilia

Halo sobat blogger!
Apa kabar hari ini? semoga baik. Pada kesempatan yang sangat berharga ini, saya akan posting tentang salah satu penyakit keturunan di dunia. Yaitu Hemofilia.
Mungkin sobat blogger sekalian jarang atau bahkan belom pernah denger, apa itu hemofilia? apa penyebabnya? cekidot gan.
Hemofilia adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh gen. Hemofilia hanya menyerang pada laki-laki. Kenapa? karena menurut penjelasan dari dosen saya, karena laki-laki memiliki kromosom XY sedangkan perempuan memiliki kromosom XX.
TANYA : LANTAS APA HUBUNGANNYA SAMA XX DAN XY?
Tentu saja ada hubungannya!! karena hemofilia itu menyerang kromosom X. Jadi, karena laki-laki cuma punya satu kromosom X, maka dari itu laki-laki bisa terkena hemofilia.
TANYA : KENAPA PEREMPUAN NGGAK..??
Karena, perempuan punya 2 kromosom X, maka jika salah satu kromosom X itu terkena, maka bisa.. umm.. bisa.. apa ya..? waktu pemberian materi saya ngobrol sih, jadi rada lupa. Oh! wait! aku inget, maka istilahnya, bisa "DIGANTIKAN" oleh  kromosom X yang satunya, walaupun jadinya nggak akan sesempurna perempuan normal.
TANYA : JADI PEREMPUAN BENER-BENER NGGAK BAKALAN TERPENGARUH?
Tentu saja tidak. Perempuan tetap terpengaruh, cuma, dia nggak akan jadi penderita, dia cuma bakal jadi pembawa sifat (carrier).

Kira-kira beginilah proses penurunan gen hemofilia. Nah kalo yang "r" kecil diatas itu adalah gen hemofilia.

Oh, iya, udah panjang lebar mbahas begini, belum tahu apa itu hemofilia, hehe..
Oke, hemofilia itu :
  • tidak memperbolehkan penderitanya kecapekan
  • penderita juga tidak boleh terbentur, terutama pada bagian vital seperti kepala.
  • penderita juga tidak boleh luka, karena darah akan susah berhenti
  • terjadi karena kekurangan faktor pembeku darah (kalo nggak salah faktor 8)
  • apa yang terjadi kalau terbentur? atau kelelahan?
  1. bisa terjadi pendarahan di dalam kulit. Kalau ringan, biasanya cuma muncul lebam saja, kalau parah bisa jadi bengkak.
  2. bila pendarahan terus menerus dibiarkan,maka bisa terjadi cacat.


ini yang terjadi

Penderita Hemofilia
ehem.. ehem.. sebenernya, saya termasuk salah satu penderita hemofilia gan. Saya baru ketahuan kena hemofilia pada saat kelas 2 SD. Pertama, sebelum tau kalo ane hemofilia, ane didiagnosa macem-macem..
Ada yang kanker tulang lah, ini lah.. itu lah.. macem-macem deh..
Dokternya kaya njadiin ane kelinci percobaan gitu deh. Bahkan ibu ane sampe nangis kejer gan, kasian sumpah.
Tapi tenang! don't worry! ada obatnya kok! cuman sih nggak bisa buat menyembuhkan, cuma bisa buat mencegah pendarahan. Apa obatnya? yaitu KOATE.
ini dia obat andalan ane gan. KOATE.

KATEGORI HEMOFILIA :
  • Ringan 
hemofilia ini tidak terlalu berat. Kadar faktor 8 nya mungkin sekitar 5 atau 6 (mungkin,kalo nggak salah)
Penderitanya salah satu teman saya. Hemofilia ini memungkinkan terjadi pendarahan namun nggak sering dan parah  banget. TAPI!! harus tetep hati-hati juga, jangan sembrono.
  • Sedang
ini dia hemofilia ane gan! Kadar faktor 8 nya (kalo ane) antara 1-2. Hemofilia ini juga,.. ya.. gimana ya? kayaknya.. ya sedeng deh.. ane nggak tau juga beda spesifiknya apa.

  • Berat
nah ini yang ngeri abis gan! penderitanya salah satu temen ane! jadi kadang-kadang saking parahnya, bisa berdarah sendiri (mimisan,pendarahan gusi,dll) . Kalo yang ini kadarnya sekitar 0 persen gitu lah (mungkin).
Jadi bagi yang satu ini, kudu ati-ati bener deh gan!




Ya kira-kira begitu yang bisa saya sampaikan,
wabilahitaufiq walhidayah, wassalamualaikum wr. wb.

3 comments:

  1. lanjutkan gan !!!
    mantabb !!!
    dari absen 8/8A

    ReplyDelete
  2. tiar , software buat hpnya mana ???
    tak tunggu yaa ????

    ReplyDelete
  3. @abie : thank's supportnya gan! :D
    ngomong-ngomong, agan request software HP yang apa? Kan banyak..?? Tapi bakal saya usahain deh..
    Thank'S...!! :D

    ReplyDelete

Jangan nge-SPAM! Komen SPAM akan langsung dihapus tanpa ba-bi-bu