22 November 2011

Umur Windows XP tinggal 900 hari lagi

Helo sobat blogger!
Mungkin ada yang tanya apa maksud judul postingan diatas. Jadi gini. Tadi pas lagi googling gak jelas, biasalah luntang luntung nyari software yang yahud buat di share di blog. Jadilah saya nyampe di sebutir situs yang familiar mungkin sering berdengung di telinga sobat blogger sekalian. Yaitu softpedia. Sesampainya di softpedia, saya mulai kluntang klantung nyari software. Sedang asiknya scroll mouse ke bawah, saya nemu sebungkus berita yang cukup bikin saya mulai nyalain kompor minyak buat bikin tiang listrik asam manis dan menelannya bulat-bulat. Apa itu? Umur Windows XP tinggal 900 hari lagi, alias 3 tahun lagi. "Oh tidak!" . Saya udah mulai galau mbaca judul berita ini. Langit mendadak gelap, tiang listrik pada rubuh,dan serigala mulai melolong. Karena ya, dalam kondisi kampret ini, OS saya masih XP SP3 dan saya nggak tau harus ngomong apa. Pengen rasanya nelen tiang listrik. Tapi urusannya sama PLN dan Polisi pastinya. Jadi saya lebih pilih untuk diam. Kegalauan saya berlanjut pas baca kalau ternyata :


Apabila XP sudah dihentikan supportnya, maka komputer anda akan lebih riskan. Tidak ada lagi update untuk system security atau apapun. Jadi banyak sekali celah untuk virus,malware,de-el-el.


Dan ini akan lebih terasa berbahaya bila komputer anda digunakan untuk bisnis. Karena pasti akan banyak menggunakan internet untuk belanja online, e-banking , dan sebagainya. Otomatis juga, akan banyak flashdisk yang keluar masuk komputer anda. Contohnya, anda ingin mentransfer data bisnis atau pekerjaan dari flashdisk teman anda, atau anda ingin mengkopikan file bisnis atau pekerjaan ke flashdisk teman anda, dan lain sebagainya. Menurut pihak Microsoft, ini benar-benar berbahaya. Komputer anda akan lebih mudah terserang sesuatu seperti seekor malware. Jadi waspadalah. Pihak Microsoft juga merekomendasikan anda untuk segera meupgrade windows xp anda menjadi 7 yang supportnya masih lama.

Begitu baca kalimat terakhir ini, saya langsung galau. Saya pergi ke jamban dan mulai meraung-raung di pojok jamban. Tapi tiba-tiba saya teringat sesuatu yang perlahan membuat galau saya menipis. Ya! Celengan! Uangku pasti udah cukup!

Asal tau aja, selama 2 minggu lebih ini, saya nabung sedikit demi sedikit buat ganti ke win7 dan menambah RAM saya yang memang sudah minimalis banget yaitu hanya sejumlah 512 MB . Selain lemotnya naudzubillah, system32 nya pun crash. Ini yang membuat saya mulai menyisihkan uang hasil judi saku untuk mengupgrade RAM dan OS.


Jadilah pagi itu saya sms tukang komputer langganan dengan gagahnya. Berikut percakapan saya dengan tukang komputer langganan saya.


"Om, ganti RAM sekarang bisa ya om?"
" Ni pagi tak ambil ya?"
" Iya boleh om"
"Jadi ganti windows7 ?"
"Jadi, yang 32bit aja om, yang 64bit takut nggak kuat komputernya"
"Ohya, RAMnya jadi yang berapa?"
"2GB"
"Beres.."

Akhirnya, esok paginya, datanglah seekor tukang komputer tengil . Entah dia naik apa ke rumah saya, mengingat rental komputernya berada di tengah pedalaman amazon, sementara rumah saya ada di pedalaman suku aborigin. Tapi, sepulang sekolah saya liat pembokat saya kok rada-rada galau. Saya tanyain kenapa, dan taunya tadi dia liat kucing kesayangannya diambil tikus terbang. Dari situ saya tahu kalau tukang komputer tengil itu ternyata make jasa antar jemputnya Mighty Mouse.

Singkat cerita *sambil menekan tombol fastforward* maka akhirnya komputer saya diganti juga ama windows 7. Betapa bangganya saya! Oh! rasanya tuh kayak ngebelah lapisan atmosfir, terbang bareng paus akrobatis, menuju rasi bintang paliiing maniiiisss..!! *oke stop! Ini lebay!*
Akan tetapi, begitu menyalakan komputer, ternyata Windows 7 saya masih belum genuine! Oh GOD!

Inilah yang saya paling sebel dari tukang komputer tengil ini. Selain semua software belum di crack, windows pun belum di crack! God! Please kill him! *Oh tidak, ini terlalu keji*
Jadi ujungnya saya harus mengandalkan mbah google buat luntang luntung nyari crack lalu mengecracknya sendiri. Saat saya tanya, saya berusaha menghormati dia sebagai orang yang lebih tua. Beginilah percakapan saya dengan seekor tukang komputer  tengil .

"Om, win7 nya not genuine ya?"
"Iya dong, kalo beli kan sekitar 1,5 juta"
"Oh, nggak ada cracknya?"
"Nggak" *nutuptelepon*
Setelah percakapan ini, saya mulai nyalain kompor buat bikin manisan tabung elpiji 3 kilo. Saya kagak habis pikir apa maunya orang kampret satu ini. Mungkin dia ingin meledakan RAM saya pelan-pelan lalu membujuk ibu saya untuk menjualnya dengan harga cebanan. Sadis abis.

Tapi ya akhirnya, karena ketauan Windows 7 saya di modif sama dia, saya balikin lagi lah ke dia! Saya minta diinstal ulang lagi dan di crack-in sekalian. Saya sempet nyiapin bom rakitan buat ngeledakin warnetnya dia, kali-kali aja nggak mau dimintain tolong nge-crack. Untungnya dia mau. Dan selesailah masalah saya.


REKOMENDASI SAYA
Bagi pengguna XP yang masih galau tentang OSnya, jangan panik! Saya memang merekomendasikan untuk mengganti ke 7. Tapi tenang, nggak perlu buru-buru. Masih ada waktu 3tahun-an lagi. Jadi kumpul-kumpulin aja dulu duit recehan hasil judi sisa uang saku dan mulailah nabung buat upgrade ke Windows 7.
So, kalau nggak mau keluar duit dan spek komputer udah nyukup, langsung aja download win7 dari blog saya, burning file ISO ke blank CD, lalu install sendiri.. susah banget deh! gampang kok ..

Poto-poto abis diinstall ulang (pamer inside..)







































Ohya, mungkin ada yang mao nanya. "Kenapa taskbarnya nggak diterapin efek aero?".
Nah, inilah dia sebenernya pertanyaan yang paling bikin saya galau. Dari kemaren temen saya pada smsin, yahoo messenger-in, bahkan ada yang sampe rela video call langsung dari satelit biar mukanya nongol depan TV saya. Dan kebanyakan mereka tanya, "kenapa nggak diganti taskbarnya?" , "kenapa masih kaya windows basic?" , "kenapa emak lo bukan cowok?" , dan berbagai pertanyaan absurd lainnya.
Okelah saya ngaku. Jadi emang VGA saya kagak kuat. Sebenernya udah sempet install driver VGA. Tapi tambah lemot deh komputernya. Jadilah pake Standard VGA Graphics Adapter dengan tema windows basic. Ngenes abis.

Kiranya begitu saja deh. Saya mau ngelanjutin ke-galau-an saya di jamban. Ohya, jangan lupa segera upgrade ke windows 7 ya gan.. masih ada waktu 3 tahun lagi. Atau, kalo si agan mau tetep nekat setia sama si XP dan nggak mau mendua (ciee..) maka :
1. Perketat sistem security 
2. Gunakan antivirus dengan kemampuan yang lumayan
3. Rajin scan seminggu sekali
4. Virus bukan hanya dari luar negeri. Bisa aja virus lokal. Saya saranin ada antivirus lokal walaupun cuma seekor buat nye-can.
5. Mau lebih aman? Ganti Windows 7
6. Wassalam..

1 comment:

Jangan nge-SPAM! Komen SPAM akan langsung dihapus tanpa ba-bi-bu