28 March 2012

Gonjang-ganjing kenaikan BBM

Salam chibi buat semuanya~
Beberapa hari ini, demo kenaikan BBM sedang menggelora di berbagai daerah secara serentak. Terutama kemarin,.. gue mau keluar rumah aja sampe takut disambit. Alhasil, gue gagal ngerjain tugas di rumah nenek gue.. padahal tante gue udah niat pengen ngebantuin.

Bener kata bang Alit : 
SEBAGIAN dari orang-orang yang ikutan demo menolak kenaikan harga BBM, gue yakin banget mereka nggak ngerti alasan kenapa BBM naik dari segi urgensi kenapa pemerintah ngelakuin itu.. Ada yang melakukannya demi dapet nasi bungkus.. Ada juga yang pengen masuk tipi..


Iya, itu bener banget.. kemaren gue liat di tipi, ada ibu-ibu yang ditanyain sama reporternya.. dan dengan nggak berdosanya, dia bilang : "Nggak tau". 

Ini bener-bener alasan yang bagus, Bu.. bagus banget.. 

Oke, jadi gue kali ini kepengin membahas tentang gonjang-ganjing kenaikan BBM. Kita akan membahasnya mulai dari sisi yang pro dan sisi yang kontra. Kita akan membahasnya, setajam.... garpu..

Langsung aja ya!



Dari Sisi yang "Pro" 

Emang sih, katanya persediaan minyak di Indonesia itu banyak. Tapi,.. itu semua "katanya" sebagian besar udah dikuasai sama perusahaan asing. Tapi ya guys, ini semua adalah akibat naiknya harga minyak dunia sehingga itu bakalan ngaruh ke asumsi harga minyak di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012. Yang tadinya pas penyusunan APBN, asumsi harga minyak mentah Indonesia, atau ICP adalah 90 USD Per-barel. Sementara sekarang ICP udah merangkak naik ke angka 115 USD Per-barel. Ini bener-bener epik..

Apa yang terjadi kalo harga BBM nggak naik?
Tentunya, bakalan ngaruh sama keadaan ekonomi di Indonesia. Yang sekarang, sebelum naiknya BBM aja udah bisa dibilang, agak down ya (maaf ya pak).. So? bayangin kalo nggak naik bakalan jadi kayak apa Indonesia ini..

Selain itu, tidak naiknya BBM juga bisa berimbas kepada dua hal yang enggak enak. Yang pertama adalah masyarakat dipaksa pake Pertamax atau pemakaian Premium dibatasi. Gimana? dua-duanya sama aja nggak enak kan? Ohya, gue juga sempet minta pendapat temen-temen di Kancut Keblenger dan inilah pendapat mereka!

Dukungan temen-temen kancut untuk naiknya harga BBM

Jadi? Gue sih SETUJU kalo harga BBM bakalan naik, karena demi kebaikan negara juga..  


Dari sisi yang "Kontra"

Katanya sih, minyak mentah di Indonesia itu buaaaaanyaaakk bangggeeeetttt... tapi, ini juga katanya lho.
Jadi, menurut pendapat "para pendemo" yang sempat di-interview, katanya :

"Lha wong minyak mentah di Indonesia kan banyak!? Cuma sayangnya dikuasai asing semua! Jadi kan nggak mungkin kalo BBM naik.. wong ibaratnya nih ya mas, Indonesia itu gudangnya minyak. Masa bisa, harganya naik?"

"BBM tidak naik, Indonesia tidak kiamat" (oke ini emang absurd, tapi pendapat ini emang ada)


Okay? Sudah cukup jelas kan kenapa masyarakat pada demo? Ohya, by the way, ini pendapat asli lho! Bukan karangan gue! 

Oke, skip..

Ohya, gue juga sempat mengumpulkan beberapa pendapat tentang dampak negatif kenaikan BBM

"ada jutaan petani dan nelayan miskin yang semakin menderita jika kebijakan ini jadi diberlakukan" (Rofi Munawar - Anggota Komisi IV dari F-PKS)

"Jumlah masyarakat miskin akan semakin bertambah akibat kenaikan BBM. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, penduduk miskin di Indonesia sudah mencapai 4,1 juta kepala keluarga. Jika ditotal, jumlahnya bisa mencapai 16,4 juta jiwa. Menurut BPS, definisi penduduk miskin adalah mereka yang hanya berpenghasilan Rp 233 ribu per bulan, atau Rp 7.000 per hari."
"Bagi petani, kenaikan harga BBM akan berakibat naiknya harga gabah di tingkat petani, karena biaya distribusi dan logistik yang bertambah. Apalagi saat masa panen raya petani sangat membutuhkan sarana transportasi untuk mengangkut gabahnya ke pasar, yang otomatis seluruh kenaikan yang terjadi akan dibebankan kepada petani "
Akan tetapi, para kaum kontra semakin terdesak dengan munculnya berita bahwa Tante Rieke Diah Pitaloka yaitu salah satu anggota DPR yang menentang naiknya harga BBM diteror pake bangkai anjing hitam yang dilempar ke rumahnya.. walaupun kasus ini masih belum pasti.

Rieke Diah Pitaloka
Toh, walopun akhirnya usaha tante rieke gagal.. seperti yang gue kutip dari Detik.com adalah perkataan tante rieke sebagai berikut :

"Mohon maaf, fraksi kami tidak berhasil karena kami minoritas," kata Rieke di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2012).
By the way, akhirnya gue berhasil maksa Bang Abda Faisal buat ngeluarin opini versi kontra.. at least, biar para kaum kontra seenggaknya bisa dapet dukungan lah ya?


akhirnya beliau (terpaksa) bersedia mengeluarkan secara gamblang pendapat kontra nya tentang kenaikan BBM, simak ya!

Pendapat tentang kenaikan BBM versi kontra (part 1)

Pendapat tentang kenaikan BBM versi kontra (part 2)
So? Intinya, gue nggak bisa maksa yang tadinya pro jadi kontra ataupun sebaliknya. Itu semua bebas, mengingat Indonesia adalah negara demokrasi. Tapi inget, demokrasi ini jangan sampe kebablasan.. jangan sampe kayak para mahasiswa di tipi yang menyerang restoran fast food demi membalas dendam pada amerika. Menurut gue ya, restoran fast food itu nggak salah.. sebenernya kalo niat, kenapa nggak serang ke pangkalan militernya sekalian?!  oke, bercanda ya.. tadi gue kebawa emosi..

Okay, kayaknya itu aja deh.. yang penting inget! Demo boleh, tapi jangan pake rusuh ya! Salam chibi~!

Sumber:

SUKA? SHARE YA~!

4 comments:

  1. hahaha. kyaa, postingan komentar gw masuk...

    sebener nye, mau naik ato kagak udah termasuk konspirasi ...

    pasti ada konspirasi, permainan partai koalisi dan oposisi lagi berkembang nih. baik untuk kesehatan jantung pimpinan teratas.

    ReplyDelete
  2. wwkwkkw , Masih banyak rakyat yang ga ngerti kenapa dan mengapa tujuan BBM ini naik, mereka hanya mikir diri mereka sendiri :) gak mikir negara nya gmnaaa .. negara uda terancem gini padahalll

    ReplyDelete

Jangan nge-SPAM! Komen SPAM akan langsung dihapus tanpa ba-bi-bu