19 April 2012

Happy Hemophilia Day!

Congratulations for all Hemophiliac around the world~!


Happy hemophilia day guys! 
Ya, gue sangat excited sekali mengetahui bahwa kemaren tanggal 17 April (iya, gue postingnya emang rada telat ini..) adalah Hari Hemofilia sedunia! Woaarrw~! Gue berasa keren.. ini adalah hari gue men! Hari yang memang diciptakan dunia hanya buat gue! Gue berasa semakin mirip sama Johny Depp..



Bagi yang belum tau apa itu hemofilia, simak ya!


Hemofilia berasal dari bahasa Yunani Kuno, yang terdiri dari dua kata yaitu haima yang berarti darah dan philia yang berarti cinta atau kasih sayang.
Hemofilia adalah suatu penyakit yang diturunkan, yang artinya diturunkan dari ibu kepada anaknya pada saat anak tersebut dilahirkan.
Darah pada seorang penderita hemofilia tidak dapat membeku dengan sendirinya secara normal. Proses pembekuan darah pada seorang penderita hemofilia tidak secepat dan sebanyak orang lain yang normal. Ia akan lebih banyak membutuhkan waktu untuk proses pembekuan darahnya.
Penderita hemofilia kebanyakan mengalami gangguan perdarahan di bawah kulit; seperti luka memar jika sedikit mengalami benturan, atau luka memar timbul dengan sendirinya jika penderita telah melakukan aktifitas yang berat; pembengkakan pada persendian, seperti lulut, pergelangan kaki atau siku tangan. Penderitaan para penderita hemofilia dapat membahayakan jiwanya jika perdarahan terjadi pada bagian organ tubuh yang vital seperti perdarahan pada otak.
(Source : http://www.hemofilia.or.id/hemofilia.php)

Iya guys, bagi yang belum tau, gue ini hemofilia.. dan gue sudah mengakuinya di salah satu posting gue. Nggak tau yang mana.. udah lama dan nampaknya sudah hilang..

Itu ketauannya mulai kapan??
Kalo ditanya masalah itu. Sebenernya ini udah dari lahir dan gue tentu tidak bisa menolaknya lagi. Ini penyakit genetik. Tapi, kalo ketauannya sih baru kelas 2 SD. Pas itu, gue jatoh dan lutut gue bengkak.. membuat gue pindah rumah ke rumah sakit selama 2 bulan.. serius, beneran 2 bulan. Gue sampe kenal sama susternya.

Kok bisa begitu??
Ya bisa. Gue mengalami pendarahan di dalem.. keliatannya sih memar di luar, di dalemnya, gue mengalami pendarahan hebat..

Udah? Cuma sekali itu doang?
Enggak. Pas sunat juga gue pindah rumah ke rumah sakit selama 2 minggu. Gue lagi-lagi mengalami pendarahan hebat. Kasur dan jok mobil gue isinya darah semua..

Terus, ada obatnya??
Kok jadi kaya interview maling ayam sih. Ada obatnya kok ada.. tapi nggak bisa menyembuhkan permanen. Jadi sistemnya, kalo lo sakit (pendarahan) terus harus segera disuntik itu.. Biar nggak parah dan akhirnya jadi seperti,..


Parah kan? Iya, makanya gue selalu rajin suntik.. membuat gue jadi nggak berasa lagi kalo ditusuk jarum suntik. Jadi, kalo suatu saat gue diem aja pas disuntik, bukan karena gue sering nge drugs tapi ya karena itu..

Kalo ditanya wujud obatnya semacam apa, ini wujudnya..

KOATE
Dan, kalo ditanya harganya.. itu lumayan mahal. Sekitar 1 - 3 jutaan. SERIUS! Gue ga bercanda.. beneran emang harganya segitu. Tapi untungnya di kota gue udah bisa pake ASKES. Jadi nggak terlalu membakar dompet nyokap dan bokap gue..


So? That's all guys!
Intinya gue sama sekali tidak malu dengan penyakit hemofilia ini. Dan pesan gue, bagi seluruh penderita hemofilia di seluruh dunia, "Jangan menyerah. Hemofilia bisa kita taklukan. Bukan sebaliknya kita yang ditaklukan hemofilia. Hemofilia bukan menjadi penghalang~! Kita semua harus tetap semangat! We're not alone guys!"

Oke, kayaknya udah ya.. see you in next post!

This is not your languange? Click here to Translate! 

SUKA? SHARE YA~!

12 comments:

  1. wah, sabar ya... semoga kuat,
    kalo aku pendarahan waktu cabut gigi, banyak banget darahnya yang keluar,

    ReplyDelete
  2. Iya.. makasih supportnya ya..
    Kalo pendarahan cabut gigi. Bisa pake obat yang namanya epineprin (atau biasa disebut adrenalin) coba minta aja di puskesmas..

    ReplyDelete
  3. blognya bagus,kebetulan juga gue hemophilia A. dan semoga tabah dan makin kuat iya kak! :)
    go..go..semangat!! :)

    ReplyDelete
  4. blognya bagus,kebetulan juga gue hemophilia A. dan semoga tabah dan makin kuat iya kak! :)
    go..go..semangat!! :)

    ReplyDelete
  5. blognya bagus,kebetulan juga gue hemophilia A. dan semoga tabah dan makin kuat iya kak! :)
    go..go..semangat!! :)

    ReplyDelete
  6. lanjut hikmatiar,
    sambil ngeblog sambil menyebarkan hemofilia agar
    semakin dikenal luas masyarakat :)

    Lukisz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey. Saya akan terus menebarkan pemahaman tentang hemofilia ke seluruh dunia! *bahasanya ketinggian, turunin dikit mamen..*

      Delete
  7. Keren Nichh,.,,,
    Hemofilia menang BEST....
    tetap semangat Yachh...

    ReplyDelete

Jangan nge-SPAM! Komen SPAM akan langsung dihapus tanpa ba-bi-bu