30 June 2012

Hal yang "Indonesia Banget" yang bikin kita selalu kangen Indonesia


   Indonesia terdiri dari 17.508 pulau dan memiliki kebudayaan yang beraneka ragam dan agama yang berbeda-beda. Dengan jumlah penduduk sekitar 270 juta jiwa, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia!



   Dibalik itu semua...

   Indonesia mempunyai berbagai macam “hal” yang tidak dimiliki negara lain dan pastinya selalu bikin kita kangen sama negara tercinta ini. Mari kita bahas satu persatu.





1. Gosip

   Aku tau ini memang tidak bisa dibanggakan. Indonesia terkenal dengan “gosip”. Iya sih, di luar negeri juga ada gosip. Tapi apakah di luar negeri gosip adalah singkatan dari “Makin digosok makin sip” ? Tentunya bukan. Apakah di luar negeri ibu-ibu komplek akan berkumpul di luar sembari menyuapi anaknya sembari bergosip? Rasanya tidak. Maka dari itu, “Gosip Indonesia” adalah hal yang khas! Rasanya kurang komplit kan kalau kalian mampir ke komplek perumahan yang ibu-ibunya saling diem-dieman? Iya, aku tau. Di agama manapun, gosip pasti dilarang. Tapi kan,.. itu sudah jadi ciri khas.
Digosok makin siipp..


2. Nama kontak yang aneh-aneh

   Di luar negeri, orang menulis nama kontak dengan formal. Contohnya dia punya teman bernama Benjamin Cassava, maka di kontak juga pasti ditulis “Benjamin Cassava” atau kalau sedikit lebih gaul, “Ben” atau “My Friend Ben”. Tapi di Indonesia, bisa saja ditulis, “Ben si Anak Singkong”, “Ben_Bule”, “Bule_Singkong” dan lain-lainnya. Iya kan? Kalian juga pasti pernah menulis nama teman di kontak memakai julukan yang tidak rasional. Jujur aku juga pernah kok. Tidak usah malu untuk mengakuinya. Kita juga kan butuh menyeimbangkan otak kiri dan kanan. Kalau kita menulis nama kontak dengan nama lengkap saja tentu terlihat membosankan dan terlalu formal, selain itu hanya otak kiri yang bekerja, sedangkan otak kanan pasif. Bener gak sih teori ini? Aku juga gak tau. 

3. Sejuta Adat
   Indonesia punya banyak adat. Mulai dari adat jawa, betawi, sulawesi, minahasa, dll.
   Pokoknya tiap daerah punya adat tersendiri. Sehingga, model pesta pernikahan di Indonesia pun beragam sesuai adatnya. Mulai dari yang butuh waktu 5 menit buat dandan, sampai yang butuh 5 jam buat dandan.       Dari yang sederhana sampai yang harus pesta 7 hari 7 malam. Pokoknya lengkap! Ohya, ngomong-ngomong kok jadi fokus ke pernikahan, sih? 
Adat Palembang

Adat Jawa

Adat Padang


4. Hasil alam melimpah ruah

   Indonesia punya banyak kekayaan alam. Seperti sumber minyak mentah, barang tambang, emas, hutan, sungai, dan lain-lain. Banyak lho, negara lain yang mengambil hasil alam kita, dan sebagai gantinya kita mendapatkan uang yang jumlahnya tidak tanggung-tanggung. Bangga kan? Tentu dong! Sebagai bangsa Indonesia kita harus berbangga diri. Tapi jangan menjadikan kita sombong, ya. 
Sawah yang luaaass

Hasil laut yang melimpaah

Hasil alam (kayu)

5. Sejuta budaya

   Pernah liat pertunjukan tari kecak? Pernah dengarkan lagu-lagu jawa? Pernah liat pertunjukan wayang ? Itu semua adalah seni buatan Indonesia. Banggakah? Tentu saja! Karena banyak negara lain yang mengagumi seni-seni yang ada di Indonesia. Mulai dari tarian, lagu, dan lain-lain. Banggakah? Tentu saja bangga! Tapi sayangnya beberapa kesenian sudah mulai sulit ditemukan karena generasi muda jarang yang mau melestarikannya. Ayo! Kita sebagai generasi muda harus melestarikan budaya Indonesia ini. 
Gamelan

Wayang

Favoritku. Tari Kecak

6. Sejuta baju adat

   Negara mana lagi yang tiap daerahnya punya baju adat lagi selain Indonesia. Kalaupun ada, jumlahnya tak akan sebanyak Indonesia! Indonesia punya berbagai macam baju adat. Mulai dari yang bisa dipake hanya dalam 5 menit sampai yang bisa memakan waktu 5 jam. Semua ada.



7. Sejuta makanan

   Indonesia itu punya banyak makanan khas. Mulai dari rendang yang jadi makanan terenak di dunia, gudeg, ponggol (makanan khas tegal (daerahku). Gak ada yang tau kan?), dan yang lain-lainnya. Rasanya juga beragam lho. Mulai dari yang pedes, asin, manis, pahit, tawar, semua ada! Pernah gak nemuin makanan macam di Indonesia di luar negeri? Tentu aja enggak. Kecuali sih kalo ada pameran tentang Indonesia (biasanya ada makanan Indonesia juga) di luar negeri sana -__-




8. Negara dengan kota paling ber-polusi ketiga di dunia

   Agak kurang bisa dibanggakan sih. Tapi ini fakta. Tau kan kota apa? Iya! Jakarta! Jakarta adalah kota yang berpenduduk sangat padat. Tentunya orang-orang juga pengin punya motor atau mobil dong? Dan tentunya kalau udah punya motor atau mobil, pasti bakal sering dipake kan? Kalo sering dipake berarti butuh bensin kan? Kalo pake bensin berarti ngeluarin polusi kan? Itu dia penyebab polusi di Jakarta. Jumlah kendaraan bermotor hampir sama dengan jumlah penduduknya. Malah kadang ada orang yang duitnya bersisa punya 2-5 mobil. Aku sendiri aja mobil satu belum lunas! Apa orang-orang kaya itu tidak berperasaan? Maaf, tadi kebawa emosi.

Lanjut..

   Jakarta juga menghasilkan polusi berupa sampah. Liat aja pintu air manggarai dan sungai ciliwung. Sampahnya mantep kan? Betul sekali. Sampah itulah juga penyebab banjir. Jadi gak usah susah-susah deh pikirin gimana caranya ngatasin banjir di Jakarta. Bersihin dulu, tuh sampah-sampah di Jakarta. Mudah-mudahan gak banjir, deh! Amin. 


9. Negara tropis

   Indonesia termasuk negara beriklim tropis. Yang berarti kita sudah terbiasa dengan situasi yang panas. Kita sepatutnya bangga. Karena seseorang di korea sana yang tidak terbiasa dengan dengan iklim tropis menganggap bahwa 25 derajat celcius itu panas! Padahal kemarin aku nyalain AC 25 derajat celcius aja berasa dingin banget. Jadi? Berbanggalah kita sebagai orang tropis. Kita terbiasa dengan cuaca panas dan kita yang tinggal di negara tropis tidak perlu repot memikirkan turunnya salju bukan? Jangan kira turunnya salju tidak membikin repot. Bila salju turun terlalu deras, bisa menghambat transportasi, menutupi jalan-jalan, dan akibat buruk lainnya. Selain itu selama musim salju, cuaca sangaaaat dingin. Bagaimana? Bersyukur kan kita tinggal di Indonesia yang ber-iklim tropis? Hehe.
10. Keindahan alam eksotis dan sejuta tempat wisata

   Indonesia punya banyaaak keindahan alam. Baik yang sudah maupun belum dieksplorasi. Tidak dipungkiri memang banyak sekali keindahan alam Indonesia yang belum ditemukan. Aku yakin jika keindahan alam yang ada di indonesia lebih di kelola dengan bijak, pasti akan menjadi daya tarik wisata menarik. Buktinya? Banyak kok wisatawan asing yang sengaja datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam tersebut.

   Selain keindahan alam, Indonesia juga negara yang punya banyak tujuan wisata. Baik yang alami maupun yang sengaja dibuat. Mau berenang? Ada. Mau lihat ragam satwa? Ada. Hobi mendaki gunung? Banyak gunung di Indonesia. Ingin wisata keluarga? Sekedar bersantai dari kepenatan? Semua ada di Indonesia! Tinggal pilih aja. Wisatawan luar negeri aja ada kok yang sengaja dateng ke Indonesia demi menikmati tempat wisata-wisata itu. Wiihh. Tambah bangga kan kita. 



   Kita harus bangga menjadi orang Indonesia. Karena Indonesia punya banyak sekali hal yang tidak akan kita temukan di negara lain. Seperti kata pepatah, “hujan batu di negara sendiri lebih baik daripada hujan emas di negara tetangga”. Indonesia memang gak ada matinya! Semangat 45!

   Ya, memang Indonesia punya banyak masalah, tapi aku yakin, kalau kita mau berusaha untuk memperbaikinya, Indonesia pasti bisa jadi lebih baik! Percaya, deh.

   Oke, kiranya begitu. Wassalam. Semangat 45!

8 comments:

  1. informatif banget, satu lagi nih ciri khas indonesia.. yaitu penyakitnnya LATAH! cuma di Indonesia Latah itu berkembang hahaha.. sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya itu.. huahahaha.. makasih dukungannya ya bang. Semoga aku menang :)

      Delete
    2. amiiin ya rabal alaminn.. menang traktir hehe

      Delete
    3. aawww.. bang upil baik banget deehhh *cubit :3

      Delete
  2. Yang nomer satu itu bener banget, kak :D hha
    Semoga menang ya... Traktir pulsa kalo menang :pp

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. pengalamanku soalnya.. huahahaha
      makasih doanya ya. Amin.. kalo pulsa sih.. mm.. gimana ya.. *berkelit*

      Delete
  3. Semangat mengindonesiakan indonesia lewat Blog...
    semangat Indonesia!!
    salam anak negeri

    Blogwalking & Mengundang juga blogger Indonesia hadir di
    Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger+ Indonesia

    Salam Spirit Blogger Indonesia

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Jangan nge-SPAM! Komen SPAM akan langsung dihapus tanpa ba-bi-bu