18 July 2012

Budaya kami bukan barang untuk dicuri!




Udah sering banget aku ngeliat budaya kita lagi-lagi diklaim sama negara lain. Emangnya budaya kita asuransi? Main klaim-klaim aja sembarangan. Mulai dari Batik, Reog, sampe yang terakhir.. Tari Tor-Tor! Uh!

  Apa mereka udah gak punya budaya ya. Budaya orang main di-klaim aja. Eh. Tapi bukan sepenuhnya salah "para peng-klaim" itu. Ada sekitar 30 - 50 % kesalahan orang Indonesia. Kenapa?

  Yup. Seperti komik strip diatas, orang Indonesia itu (terutama pejabatnya) nggak pernah sedikitpun menjamah budayanya. Iya aku tau, segelintir orang memang sudah peduli dengan budaya. Tapi apa "segelintir orang" yang aku maksud itu banyak? Rasanya enggak, deh.

Jadi terang aja dong ada negara lain yang nge-klaim? Budaya banyak, indah, tergeletak tak terjamah.. siapa dan negara mana sih yang nggak tergoda untuk nge-klaim? Ntar giliran di-klaim aja, langsung demo sana sini- bakar poster sana sini, bakar ban sana-sini, and so on. Bah!

 So please, Indonesian..
Kita harus lestarikan budaya kita! Jangan biarkan, budaya kita di-klaim, bahkan diam-diam dicuri oleh negara lain yang "lebih tau" tentang budaya itu daripada kita. Malu gak? Iya dong. Kita yang punya budaya masa gak tau, sementara negara tetangga yang main nge-klaim apal budaya itu.

But, it's not all Indonesian fault (correct me if i'm wrong)..
Hey negara lain. Jangan klaim-klaim budaya kita deh. Apa kalian gak punya budaya? Iya, maafkan orang Indonesia yang nggak terlalu "ngurusin" budayanya. Tapi ini bukan hak kalian untuk terus meng-klaim budaya kami! Okay? Sekali lagi. JANGAN CURI BUDAYA KAMI!

Gimana? Post ini udah cukup berbobot belum sih? Huehehe..

Oke, sebegitu aja ya. Dadah~! *kecupmesra*


10 comments:

  1. Indonesia memang negara kaya raya, salah satunya budaya. Maka dari itu sebagai pemuda, kita wajib melestarikannya, biar kelak anak cucu kita pada tahu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! Kita harus melestarikan budaya kita :D

      Delete
  2. comicstrip nya keren,, pesan nya tersampaikan dengan jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :))
      Bikinnya dua hari looohh =3=

      Delete
  3. saking banyaknya berbagai macam ragam budaya yang negara kita miliki memang membuat kebudayaan kita menjadi rentan untuk diklaim sama negara lain... tugas kita bersama untuk menjaga dan melestarikannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. (y)
      Kita harus bareng-bareng ngelestariin budaya kita, biar gak dikalim-klaim tuh ama negara laen :DD

      Delete
  4. kita sama negara tetangga sama2 salah
    jangan saling menyalahkan
    ok ? :D

    ReplyDelete
  5. iya bener tuh! itu emang gak sepenuhnya salah mereka yang mencuri tapi juga salah kita yang gak peduli sama budaya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya begitulah. Nanti kalo udah diklaim aja pada demoo.. rusuuhh

      Delete

Jangan nge-SPAM! Komen SPAM akan langsung dihapus tanpa ba-bi-bu