18 December 2012

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Menanam Pohon

Langsung aja. Males kasih intro panjang-panjang




1. Pohon sebagai penyuplai air
Kalo hujan setiap hari tapi gak ada pohon, itu sebenernya sama aja boong. Air hujan yang terus mengucur deras tapi gak diserap siapa-siapa. Ingat aspal,semen, dan tanah yang gundul sama sekali gak bisa nyerap air. Siapa yang bisa? Ya pohon! Pohon dengan akarnya menahan air dibawah tanah. Jadi sesungguhnya, yang dimaksud air tanah adalah air yang berasal dari hujan lalu ditahan akar pohon dibawah tanah.
Kalo pohonnya ditebang? Ya bubar!
Jadi, kalo menurutku sih ya. Jakarta banjir itu jangan fokus ke kali sampahnya aja. Tambahin juga daerah resapannya. Jadi double protection gitu..


2. Pohon penyedot polusi
Sesungguhnya, tanpa kita tahu, pohon adalah silent protector. Dia menyerap segalam macam polusi udara dan menetralisirnya (kalo gak salah, aku pernah denger gini). Gimana? Terus habis ngelakuin tugas ngebersihin udara kita, pohon itu kita tebang. Itu sih namanya air susu dibalas air tuba. Kalo pohon punya otak, bisa jalan dan ngomong kayak di film doraemon yang ini:
Doraemon and green giant legend

Manusia udah dituntut habis-habisan tuh..


3. Pohon penyuplai oksigen
Ini pelajaran anak SD sih. Payah banget kalo kamu gak tau. Pohon menyedot karbondioksida dan mengeluarkan oksigen. Jadi, oksigen adalah "karbondioksida" nya pohon.

4. Pohon pencegah bencana
Banjir, tanah longsor. Itu semua, BUKAN bencana bikinan pemerintah. Jadi kalo banjir JANGAN protes ke pemerintah. Tanam pohon! Pohon menyerap air, mencegah banjir. Pohon menahan tanah di wilayah miring dan mencegah tanah longsor. Jadi? Kalo kalian (para warga yang hidupnya protes mulu -red) protes kenapa banjir gak ilang-ilang, itu bodoh. Usaha dong! Jangan buang sampah ke kali, tanam pohon! Gak susah kan? Daripada cuman cuap-cuap doang kerjanya..

Jadi masih kurang alasan kenapa kalian harus menanam pohon? Lagian desember ini kan bulan menanam pohon. Apa salahnya kalian tanam pohon? Gak usah yang gede. Yang kecil juga nanti kalo dirawat baik-baik jadi gede..

Bonus :
Bersama tanaman kesayangan.
Karena potnya berat, mukaku jadi agak ngeden di foto.
Disensor untuk kepentingan umat

Kenapa tanaman favoritku adalah kaktus?
-Kaktus bisa mengurangi radiasi dari monitor PC
-Kaktus bisa disiram 1 minggu sekali. Bahkan parahnya kalau aku lupa bisa sampai 1 bulan sekali

19 comments:

  1. hahaha, foto keren disensor untuk kepentingan ummat. Luarbiasa.

    keren film doraemonnya, sempat nonton.

    Pohon memang luar biasa, sangat luarbiasa. Bahkan kita bisa bersedekah hanya dengan menanam pohon, pengen tau gmana?
    Silahkan kunjungi kankunk.com dan singgah di projeck ane juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Oke gan. Menggelinding ke TKP :D Thanks for your blogwalking :D

      Delete
  2. wei kaktus bisa menyerap dari monitor pc,,,gimana caranya Kang?
    apa harus di taruh samping monitor gitu?
    jawabannya ditunggu di blog ane Kang? he

    btw, muka ditutup demi kepentingan Umat?
    kepentingan kayak apa Ya?apakah umat akan tergila-GILA jika di tampakkan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo ditampakan ntar umat tergila-gila xD

      Delete
  3. kembali ke manusianya yah bro.... mo ga kena banjir mo udara sejuk mo ga longsor, ya nanam pohon...
    salam kampanye ngeblog BSO solid :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tergantung manusianya aja :)
      salam solid!

      Delete
  4. I like this post. Dijabarin banget ya manfaat pohonnya... Huehehe... Btw, ada satu lagi manfaat kaktus yang mungkin belom disadarin sama banyak orang... yaitu..
    .
    .
    .
    .
    buat nimpuk maling... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkakakak.. bener tuh, buat nimpuk maling! :D

      Delete
  5. maka timbul pertanyaan

    jika jakarta ditambah pohonnya, sedangkan tanahnya sudah sedikit gmn?
    Banyak pohon tumbang gara2 tanah di jakarta sudah tdk bisa menopang dan pohon tidak dipangkas dahannya saat musim hujan hingga mudah tumbang jika ada badai

    lets go green! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia, mungkin gedungnya harus dikurangi gan..

      Delete
  6. wah ada doraemooon :D suka banget deh sama semua doraemon movie, selalu ada pesannya :3

    wkwk bener kata bang ega primebound... where should i plant you ?? *ngomong sama bibit taneman*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya selalu ada pesan bijaknya :3

      In your garden! *suara bibit taneman*

      Delete
  7. Betul sekali...
    Banyak manfaat yg ditimbulkan dari menanam pohon

    ReplyDelete
  8. SETUJU GAN ! Mari jadikan penanaman pohon tindakan nyata dan bukan hanya slogan semata. Sekarang telah ditemukan cara penanaman yang sekaligus memberikan manfaat ekonomi langsung bagi yang peduli dan berpartisipasi. Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorinonesia.com

    ReplyDelete

Jangan nge-SPAM! Komen SPAM akan langsung dihapus tanpa ba-bi-bu